Skip to content

Ampuh, ini cara atasi smartphone yang lelet

Banyak dari kita kita masih menggunakan smartphone yang OSnya sudah jadul, RAM 2 hingga 3 GB saja dan ROM yang terbatas. Nah melihat kawan-kawan banyak mengeluh Smartphone lelet, maka artikel ini kita tulis. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi smartphone yang lelet, yaitu:

  1. Bersihkan cache: Cache adalah data sementara yang disimpan di smartphone Anda untuk meningkatkan kecepatan akses ke aplikasi atau situs web. Namun, jika terlalu banyak data cache terkumpul, itu dapat memperlambat smartphone Anda. Anda dapat menghapus cache dengan masuk ke pengaturan, kemudian memilih \”storage\” atau \”memory\” dan mengeklik tombol \”clear cache\”.
  2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan: Aplikasi yang tidak digunakan dapat memakan ruang penyimpanan dan memperlambat smartphone Anda. Anda dapat memeriksa aplikasi yang terpasang di smartphone Anda dan menghapus aplikasi yang tidak perlu.
  3. Nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu: Beberapa aplikasi dapat terus berjalan di latar belakang, meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Anda dapat mematikan aplikasi tersebut dengan masuk ke pengaturan, kemudian memilih \”apps\” atau \”applications\” dan mengeklik tombol \”force stop\” untuk aplikasi yang tidak diinginkan.
  4. Restart smartphone: Restarting dapat membantu menyegarkan sistem operasi smartphone Anda dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi. Anda dapat melakukan restart dengan menekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi restart.
  5. Perbarui sistem operasi: Jika smartphone Anda sudah lama tidak diperbarui, itu dapat menjadi salah satu penyebab smartphone Anda lelet. Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia dengan masuk ke pengaturan, kemudian memilih \”software update\” atau \”system update\”.
  6. Perbarui aplikasi: Seperti halnya sistem operasi, aplikasi yang sudah lama tidak diperbarui juga dapat menyebabkan smartphone Anda lelet. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan performa terbaik.
  7. Ganti baterai: Baterai yang sudah lama atau rusak dapat menyebabkan smartphone Anda lelet. Jika Anda sudah mencoba beberapa langkah di atas namun masalah tetap tidak terselesaikan, mungkin saatnya untuk mengganti baterai smartphone Anda atau di lem biru kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »