Skip to content

Hendra Jaya Pratama dan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin temu diskusi

Palangka Raya, 4 Juni 2023 – Ketua DPD Jaringan Organisasi Masyarakat Nusantara (JOMAN) provinsi Kalteng bapak Hendra Jaya Pratama temu bersama dengan Walikota Palangka Raya, Bapak Fairid Naparin. Pertemuan ini penting karena membahas pengelolaan hutan karbon di wilayah Kota Palangka Raya. Selain itu hal yang penting juga bapak Hendra Jaya Pratama (HJP) menyerahkan berkas dokumen terkait pengelolaan hutan karbon seluas kurang lebih 36.000 hektar yang dikelola oleh kelompok tani Maju Bersama.

Pengelolaan hutan karbon menjadi isu yang sangat penting di era perubahan iklim saat ini. Hutan karbon berperan sebagai penyerap karbon dan penghasil oksigen, serta sebagai tempat tinggal bagi flora dan fauna yang unik. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga dan mengelola hutan karbon secara berkelanjutan.

Dalam pertemuan ini, Hendra Jaya Pratama menyampaikan pentingnya kerjasama antara pihak pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan hutan karbon di Kota Palangka Raya. Beliau juga menyoroti peran kelompok tani “Maju Bersama” dalam pengelolaan hutan karbon. Kelompok tani ini telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan melakukan praktik pertanian yang ramah lingkungan.

Bapak Hendra Jaya Pratama walikota Palangka Raya bapak Fairid Naparin dan ajudan.

Bapak Hendra Jaya Pratama juga menjelaskan pentingnya pengelolaan Hutan Karbon untuk goal nasional Indonesia tahun 2060 Netral Karbon sesuai SIARAN PERS Nomor: SP.231/HUMAS/PP/HMS.3/07/2021 Sumber : http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6068/menteri-lhk-kepentingan-nasional-menuju-netral-karbon-2060-tanggung-jawab-bersama.

Hasil diskusi walikota Palangka Raya, Bapak Fairid Naparin, secara optimis mendukung upaya pengelolaan hutan karbon oleh masyarakat setempat. Beliau mengakui bahwa kontribusi masyarakat dalam pengelolaan hutan karbon sangatlah penting dan berpotensi untuk memberikan manfaat yang besar bagi Kota Palangka Raya. Selain itu, Walikota Fairid Naparin juga mengapresiasi bapak Hendra Jaya Pratama ketua DPD JOMAN Kalteng yang saat ini diusulkan masyarakat Bacagub Kalteng tahun 2024 bisa menggaet pihak asing sehingga Poktan “Maju Bersama” bisa menjalin kerjasama dengan pihak asing dalam pengelolaan hutan karbon di Palangka Raya.

Diharapkan, melalui upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan pihak asing, pengelolaan hutan karbon di Kota Palangka Raya dapat menjadi contoh yang baik dalam menjaga kelestarian alam dan mengurangi dampak perubahan iklim. Semoga langkah-langkah yang diambil saat ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan, masyarakat, dan generasi mendatang sesuai dengang Goal Indonesia kepada Dunia bahwa tahun 2060 Indonesia Netral Karbon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »