Skip to content

Himbauan DEWAN ADAT DAYAK Provinsi Kalimantan Barat terkait Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan di Musim Kemarau

  • by

Pendahuluan:

Surat Edaran DEWAN ADAT DAYAK Provinsi Kalimantan Barat bertanggal 1 Agustus 2023 memuat himbauan kepada para Ketua DEWAN ADAT DAYAK Kabupaten/Kota dan DAD Kecamatan se-Kalimantan Barat serta masyarakat adat pada umumnya terkait antisipasi kebakaran lahan dan hutan di musim kemarau. Himbauan ini berkaitan dengan kontak yang dilakukan Kapolda Kalbar dengan Ketua Umum DAD Provinsi Kalimantan Barat.

Isi Himbauan:

  1. Menunda Pembakaran Lahan dan Kebun: Mengingat memasuki bulan Agustus yang kemungkinan diikuti oleh gejala El Nino, masyarakat peladang Dayak diminta untuk menunda pembakaran lahan atau kebun. Jika pembakaran tetap dilakukan, diharapkan agar dijaga agar tidak menjalar atau meluas ke lahan di sekitar ladang.
  2. Bersinergi dengan Aparat Kepolisian: Pengurus DAD Kabupaten/Kota dan DAD Kecamatan diharapkan untuk bersinergi dengan aparat kepolisian setempat dalam mengatasi kebakaran lahan atau hutan.

Tindakan yang Diinginkan:

  1. Menyampaikan Himbauan Kapolda: DAD Kabupaten/Kota dan DAD Kecamatan diminta untuk menyampaikan himbauan Kapolda kepada masyarakat peladang dan berkoordinasi dengan kepolisian setempat dalam mencegah dan/atau mengatasi kebakaran lahan dan hutan.
  2. Sosialisasi Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Kalbar Nomor 1 Tahun 2022: Pengurus DAD Kabupaten/Kota dan DAD Kecamatan juga diharapkan melakukan sosialisasi tentang PERDA Provinsi Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pembukaan Lahan Perladangan Berbasis Kearipan Lokal agar diketahui secara luas oleh masyarakat peladang dan dilaksanakan sesuai ketentuan-ketentuannya.

Penutup:

Himbauan DEWAN ADAT DAYAK Provinsi Kalimantan Barat ini disampaikan sebagai langkah antisipatif dalam menghadapi musim kemarau dan potensi risiko kebakaran lahan dan hutan. DAD Kabupaten/Kota, DAD Kecamatan, dan masyarakat adat diharapkan untuk mematuhi himbauan ini demi menjaga kelestarian lingkungan dan keselamatan bersama. Himbauan ini ditandatangani oleh Ketua Umum DAD Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Cornelius Kimha, M.Si dan Sekretaris Umum, Thadeus Yus, SH., MPA. Semoga himbauan ini dapat ditindaklanjuti dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan bersama. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »