Marion Hendri: Membawa Harmoni Budaya Dayak ke Panggung Dunia

Kalimantan Tengah, sebuah tempat yang kaya akan budaya Dayak, menjadi tempat kelahiran Marion Hendri, seorang seniman/Artis Dayak yang telah menjelma menjadi ikon musik Dayak. Sejak tahun 1992 hingga saat ini, ia dengan gigih mengabdikan diri untuk melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Dayak melalui karya-karyanya yang penuh dengan nilai-nilai kebudayaan Dayak.

Sebuah Panggilan Kebudayaan

Marion Hendri tumbuh dalam lingkungan yang penuh dengan warisan budaya Dayak. Suara merdu lagu-lagu tradisional Dayak yang dinyanyikan oleh orangtuanya meresap dalam hatinya sejak kecil. Ia merasakan magisnya musik ini, dan panggilan untuk menjadi duta musik Dayak muncul dengan kuat. Marion merasa tanggung jawab untuk menjaga agar keindahan budaya Dayak tetap hidup dalam ingatan masyarakat.

Melodi “Saluang Kitik-kitik”

Pada tahun 1992, Marion Hendri merilis karya pertamanya yang akan menjadi tonggak sejarah dalam musik Dayak, berjudul “Saluang Kitik-kitik”. Lagu ini dengan cepat mencuri perhatian publik dan menjadi sebuah fenomena di kalangan penduduk setempat. “Saluang Kitik-kitik” adalah perpaduan unik antara unsur-unsur musik Dayak yang kaya dengan sentuhan modern yang memukau. Melodi yang indah dan lirik yang memikat dalam bahasa Dayak membuat lagu ini menjadi ikon yang diakui dalam perjalanan musik Dayak.

Jorong Production Arsip

Dari Kalimantan Tengah ke Dunia

Keberhasilan “Saluang Kitik-kitik” bukan hanya prestasi lokal. Marion Hendri mulai mendapat perhatian dari luar negeri. Undangan bernyanyi di Brunei, Malaysia, dan Australia menjadi bukti nyata bahwa musik Dayak Marion tidak hanya memiliki daya tarik lokal, tetapi juga pesona global.

Eksplorasi yang Tidak Henti

Marion Hendri terus mengembangkan bakatnya dengan eksplorasi musik Dayak. Ia menggabungkan instrumen tradisional Dayak, seperti gendang dan sape, dengan alat musik modern, seperti gitar dan keyboard. Karya-karyanya tidak hanya mencerminkan semangat Dayak, tetapi juga menggambarkan keindahan alam dan kehidupan sehari-hari suku Dayak. Setiap lagu yang diciptakan Marion adalah suatu bentuk kebanggaan akan identitas budaya mereka.

Menyongsong Masa Depan

Marion Hendri tetap setia pada misinya untuk menjaga dan mempromosikan warisan budaya Dayak melalui musiknya. Ia adalah inspirasi bagi banyak seniman muda di Kalimantan Tengah yang ingin mengikuti jejaknya. Dengan karya-karya yang memukau dan komitmen yang tidak pernah luntur, Marion Hendri adalah sosok yang akan terus membawa harmoni budaya Dayak ke panggung dunia.

Melalui suaranya yang indah dan musiknya yang menghantarkan pesan budaya, Marion Hendri adalah duta yang luar biasa untuk budaya Dayak yang kaya dan berharga. Ia membuktikan bahwa musik memiliki kekuatan untuk merentangkan jembatan antara masa lalu dan masa depan, menghubungkan budaya yang berharga dengan dunia yang semakin global.

Website : https://marionhendri.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *