Masyarakat Adat Dayak Sanggau Menyatakan Sikap Tegas Menyusul Peristiwa di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah

Parindu Kab. Sanggau, Rabu, 11 Oktober 2023 – Masyarakat Adat Dayak Sanggau dengan tegas menyampaikan sikap terkait peristiwa tragis yang menimpa saudara Dayak, Alm. Gijik, di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Dalam pernyataan sikap yang resmi dirilis hari ini, masyarakat adat mengajukan sejumlah tuntutan penting yang harus dipenuhi oleh pihak berwenang dalam waktu yang sangat singkat.

@kalinformasi https://kalbarinformasi.com/masyarakat-adat-dayak-sanggau-menyatakan-sikap-tegas-menyusul-peristiwa-di-kabupaten-seruyan-kalimantan-tengah/ #CapCut ♬ suara asli – Kalimantan Informasi
Video di Hapus Tiktok, karena melanggar panduan komunitas. Tetap semangat bagi kita semua, semua suku bangsa berhak hidup tenang dan bahagia di Negara Indonesia.

Dalam pernyataan sikap ini, masyarakat Adat Dayak Sanggau mengajukan tuntutan-tuntutan berikut:

1. Jika dalam 7×24 jam sejak hari ini, kapolri melalui divisi propam polri tidak dapat mengungkapkan oknum anggota polri yg telah menghilangkan nyawa saudara Dayak kami Gijik, maka jgn menyalahkan kami utk mengambil langkah sendiri sebagai jalan tengah dan final,sesuai hukum adat yang berlaku ditanah Dayak.

@sanggauinformasi.com

pernyataan sikap Dayak Parindu terkait peristiwa tragis di Seruyan Kalteng

♬ Instrumen Sape Dayak 1 – Noell

2. Kami kecewa, karna negara selalu membuka potensi konflik antara msyrakat adat dan korporasi/investor dengan selalu memobilisasi aparat yg tendensius membekingi perusahaan dan korporasi2 yg ada di wilayah adat Dayak.

3. Tertuang di dalam Pasal 18B UUD 1945 negara mengakui dan menghormati kesatuan kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dgn perkembangan msyrakat dan prinsip negara Kesatuan republik Indonesia, utk itu dalam 7 hari kedepan segera serahkan oknum aparat yg menghilangkan nyawa saudara kami Gijik kepada pengadilan adat Dayak.

4. Tindakan represif aparat di seruyan, supaya menjadi tragedi terahir yg ada di NKRI,lindungi lah nyawa dan hak msyrakat kecil,lakukanlah prinsip prinsip bernegara yang benar, yang adil sesuai PANCASILA Krn kami masyarakat Dayak adalah warga yg baik,yang sampai hari ini setia kepada keutuhan NKRI, jgn memperlakukan kami rakyat kecil seperti KOMUNIS.

Dengan tegas, masyarakat Adat Dayak Sanggau menegaskan bahwa pihak berwenang segera bertindak sesuai dengan tuntutan mereka. Pernyataan sikap ini mencerminkan rasa keadilan dan keberanian masyarakat Adat Dayak Sanggau dalam menegakkan hak-hak mereka dan mengingatkan bahwa keadilan harus ditegakkan untuk semua, tanpa pandang suku, agama, atau ras. Masyarakat Adat Dayak Sanggau siap mempertahankan hak-hak tradisional dan memperjuangkan keadilan untuk saudara Dayak, Gijik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *