Skip to content

Mengenal Putra Daerah Meliau Antonius Apit,SH. (Koko Af)

Antonius Apit, S.H., CPCLE., CCCLE., C.Mn.C.L.S.,CACLS., CPM. adalah seorang Advokat dan pengusaha asal desa Baru Lombak, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Lahir Di Baru Lombak pada tahun 1984. Ia merupakan seorang pria beragama Khatolik dan keturunan Dayak – Chinese. Antonius Apit, SH. di kenal dengan sebutan nama atau akrabnya dipanggil Koko Af.

Pendidikan formal Antonius Apit, SH. atau Koko Af dimulai dari Sekolah Dasar Negeri Nomor 25 Nek Bindang yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1997. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri No.2 Meliau dan berhasil lulus pada tahun 2000. Setelah itu, Antonius Apit, SH. melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Dharma Sanggau dan lulus pada tahun 2003. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Universitas Panca Bhakti Pontianak, Fakultas Hukum dan berhasil meraih gelar Sarjana Hukum (S1) pada tahun 2016.

Antonius Apit, SH atau Akrab dipanggil Koko AF

Selain pendidikan formal, Antonius Apit, SH. juga memiliki sejumlah pendidikan non-formal yang telah diselesaikannya. Ia mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) PERADI Pontianak pada tahun 2017. Selanjutnya, Antonius Apit, SH juga mengikuti Pendidikan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan (PAHKP) pada tahun 2019, Pendidikan Ahli Hukum Kontrak Kontruksi (PAKSI) pada tahun 2021, Pendidikan Hukum Kontrak Pertambangan (PHKP) pada tahun 2021, Pendidikan Hukum Kontrak Agraria (PHKA) pada tahun 2021, dan pelatihan mediasi pada tahun yang sama.

Antonius Apit, SH. telah memiliki pengalaman kerja yang luas sejak lama. Ia pernah menjadi Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Baru Lombak pada tahun 2008-2011 dan Ketua Pengawas KUD “Panca Jaya Sakti” Baru Lombak pada tahun 2009-2011. Antonius Apit, SH juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa Baru Lombak, Kecamatan Meliau pada periode 2012-2018, dan Wakil Ketua 1 Majelis Tertinggi Adat dan Budaya Dayak Desa (MaTABDD) pada periode 2017-2020.

Selain itu, Antonius Apit, SH. merupakan seorang Profesi Advokat dari Organisasi PERADI DPC-Pontianak sejak tahun 2019 hingga saat ini. Ia juga menjabat sebagai Sekjend. DPW Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI) Kalimantan Barat periode 2019-2024, dan Sekjend. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan Indonesia (PERKAHPI) Kalimantan Barat periode yang sama.

Pada tahun 2021, Antonius Apit, SH bergabung sebagai Bagian Legal di PT. PERSADA PRATAMA CEMERLANG (PPC), dan juga menjadi Ketua Pengawas Koperasi Perkebunan. Selama menjadi pengawas Kopbun Antonius Apit, SH selalu berinteraksi dengan petani dan mendengar keluh kesah mereka. Untuk itu Antonius Apit, SH mendaftarkan diri menjadi Calon Legislatif untuk menjadi penyambung lidah masyarakat khususnya bagi petani kebun kelapa sawit.

Melalui tulisan ini Antonius Apit, SH mohon dukungan pembaca dimanapun berada untuk membantu memberikan suara kepada Antonius Apit, SH pada saat pemilu kelak tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »