Skip to content

Mengenang Perjalanan Karier dan Kehidupan Farida Pasha: Sosok di Balik Mak Lampir

Pada Sabtu, 16 Januari 2021, berita duka menyelimuti dunia perfilman Indonesia dengan kepergian salah satu artis senior, Farida Pasha. Kabar tersebut pertama kali diumumkan melalui akun Instagram penyanyi Ify Alyssa, cucu dari sosok yang dikenal sebagai Mak Lampir itu.

Farida Pasha, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 21 Agustus 1952, mengawali karier seninya pada tahun 1977 dengan membintangi film horor klasik, “Guna Guna Istri Muda”. Keberhasilannya dalam film ini membuka pintu bagi peran-peran menonjol selanjutnya, termasuk sekuelnya, “Pembalasan Guna-Guna Istri Muda” pada tahun 1978.

Namanya semakin meroket berkat perannya sebagai Mak Lampir dalam sinetron legendaris “Misteri Gunung Merapi” di tahun 1990-an. Dalam perjalanan karier seni perannya, Farida Pasha telah menyita perhatian penonton lewat karakter-karakter antagonisnya yang kuat, ditandai dengan tatapan matanya yang tajam.

Tak hanya berkiprah dalam dunia film, Farida Pasha juga sukses dalam sejumlah sinetron, antara lain “Taubat”, “Misteri Gunung Merapi”, “Misteri Gunung Merapi 2”, “Misteri Gunung Merapi 3”, “Hidayah”, dan “Rahasia Ilahi”.

Meskipun telah berpulang, karya-karya dan jasa-jasa Farida Pasha akan terus dikenang dalam sejarah perfilman Indonesia. Selamat jalan, Farida Pasha. Semoga karya dan kontribusi Anda selalu diingat dan dihargai oleh generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »