Penerimaan Mahasiswa Baru STT Berea Tahun 2024/2025

STT Berea memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan Teologi yang unggul dalam menghasilkan pelayan-pelayan Kristus yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga terampil dalam berbagai aspek pelayanan dan berkepribadian seperti Kristus. Dengan berpegang pada visi ini, STT Berea bertujuan untuk melahirkan individu-individu yang siap mengemban Amanat Agung Tuhan Yesus dalam segala bidang pelayanan.

Dalam menjalankan misinya, STT Berea berfokus pada penyelenggaraan pendidikan formal di bidang Teologi. Program pendidikan yang ditawarkan dirancang untuk membentuk pelayan-pelayan Kristus yang tidak hanya cerdas dan berkarakter baik, tetapi juga kreatif dan terampil dalam menyebarkan kabar baik tentang Yesus Kristus. Misi ini sejalan dengan tujuan untuk menjadi harapan bagi seluruh umat manusia melalui pengajaran dan pelayanan yang berkualitas.

STT Berea berkomitmen untuk menghasilkan profil pelayan Tuhan yang unggul dalam aspek kerohanian, pengetahuan, dan keterampilan. Standar yang diterapkan oleh STT Berea memastikan bahwa para lulusannya siap untuk melaksanakan pelayanan di berbagai ladang Tuhan, baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Tujuan ini mencerminkan upaya institusi dalam mendidik individu yang mampu berkontribusi secara signifikan dalam bidang pelayanan.

Sasaran utama dari STT Berea adalah menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, dan berwatak luhur. Para lulusan ini diharapkan dapat berjuang di berbagai ladang pelayanan Tuhan dengan komitmen yang kuat untuk memelihara tuaian dengan baik, demi kemuliaan nama Tuhan. Dalam upaya mencapai sasaran ini, STT Berea menekankan pentingnya pendidikan yang holistik dan menyeluruh, yang mencakup aspek spiritual, intelektual, dan praktikal.

Mengapa Memilih STT Berea?

Sebagai warga masyarakat Kalimantan Barat, memilih STT Berea sebagai tempat menimba ilmu dan mengembangkan diri dalam bidang Teologi adalah pilihan yang bijak. STT Berea menawarkan lingkungan pendidikan yang kondusif, dengan kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masa kini. Selain itu, para pengajar di STT Berea adalah individu-individu yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi dalam bidangnya, sehingga para mahasiswa mendapatkan bimbingan yang optimal.

STT Berea hadir untuk melayani masyarakat Kalimantan Barat dengan menyediakan pendidikan Teologi yang berkualitas. Dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang jelas, STT Berea berkomitmen untuk melahirkan pelayan-pelayan Kristus yang siap menghadapi tantangan pelayanan di masa depan. Bagi warga Kalimantan Barat yang ingin berkontribusi dalam pelayanan gerejawi dan masyarakat, STT Berea adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan panggilan tersebut.

Gelombang Pertama: 15-25 Juli 2024
Gelombang Kedua: 2-15 Januari 2025*
Tempat Pendaftaran: Kampus STT Berea

Profil STT Berea kepada Warga Masyarakat Kalimantan Barat

VISI
Menjadi lembaga pendidikan Teologi yang menghasilkan pelayan-pelayan Kristus yang cerdas, terampil, dan berkepribadian seperti Kristus, untuk mengemban Amanat Agung Tuhan Yesus dalam segala bidang pelayanan.

MISI
Menyelenggarakan pendidikan formal dalam bidang Teologi dengan membentuk pelayan-pelayan Kristus yang cerdas, berkarakter baik, kreatif, dan terampil dalam mewartakan kabar baik tentang Yesus Kristus yang menjadi harapan bagi seluruh umat manusia.

TUJUAN
Menghasilkan profil para pelayan Tuhan yang memiliki mutu kerohanian, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh STT Berea untuk pelaksanaan pelayanan di berbagai ladang Tuhan di Indonesia bahkan di dunia.

SASARAN
Menghasilkan pelayan-pelayan Tuhan dari lulusan STT Berea yang cerdas, terampil, dan berwatak luhur, yang berjuang di berbagai ladang pelayanan Tuhan serta memiliki komitmen kuat untuk memelihara tuaian dengan baik bagi kemuliaan nama Tuhan.

Mari Bergabung Bersama STT Berea!
Daftarkan diri Anda dan menjadi bagian dari generasi pelayan Kristus yang cerdas dan berintegritas.

Histori

Sekolah Tinggi Teologi (STT) Berea, berlokasi di Ansang, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, didirikan pada tanggal 11 Agustus 1957 dengan nama awal Sekolah Alkitab Berea. Sekolah ini lahir dari kebutuhan untuk membina petobat baru hasil pekerjaan misi Regions Beyond Missionary Union di antara suku Dayak di pedalaman Kalimantan Barat. Pada tahun 1960, angkatan pertama yang terdiri dari 19 siswa lulus dan sejak itu, hingga tahun 2020/2021, total 870 alumni telah dihasilkan oleh STT Berea. Pada tahun 1988, STT Berea mulai mengembangkan program Diploma yang kemudian menjadi program ijazah. STT Berea mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen pada tahun 2004 dan meraih akreditasi BAN-PT untuk dua program studi pada tahun 2015.

Tentang Kami: STT Berea Pontianak adalah institusi pendidikan teologi yang terakreditasi oleh BAN-PT dengan program studi:

  • Teologi: SK. BAN-PT NO. 4058/SK/BAN-PT/AK-PPJ/S/VII/2020
  • Pendidikan Agama Kristen (PAK): SK. BAN-PT NO. 3393/SK/BAN-PT/AK-PPJ/S/VI/2020

Program Studi Pendidikan Agama Kristen:

Visi: Menghasilkan pelayan-pelayan Kristus yang cerdas, berkepribadian seperti Kristus, dan terampil dalam mengembangkan pendidikan agama Kristen.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan agama Kristen yang alkitabiah dan relevan.
  2. Melakukan penelitian dalam pengembangan pendidikan agama Kristen.
  3. Memperlengkapi mahasiswa untuk menjadi guru profesional dalam pelayanan rohani.

Program Studi Teologi (Akademik):

Visi: Membentuk pelayan-pelayan Kristus yang memiliki ilmu teologi yang alkitabiah, berkarakter Kristus, dan terampil dalam melayani gereja dan masyarakat.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan teologi yang berkualitas dan relevan.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter Kristus.
  3. Menghasilkan pelayan-pelayan yang terampil bagi gereja dan masyarakat.

Tujuan & Sasaran:

Tujuan: Menghasilkan profil pelayan Tuhan yang memiliki mutu kerohanian, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar STT Berea untuk melayani di berbagai ladang Tuhan di Indonesia dan dunia.

Sasaran: Meluluskan pelayan Tuhan yang cerdas, terampil, dan berwatak luhur, berjuang di berbagai ladang pelayanan Tuhan dengan komitmen kuat untuk memelihara tuaian bagi kemuliaan nama Tuhan.

Program Pendidikan:

  1. Sarjana Teologi (S.Th.) / Kependetaan:
    • Lama pendidikan: 4 tahun
    • Jumlah kredit: 156 SKS
    • Persyaratan: Ijazah SMA/sederajat
  2. Sarjana Pendidikan Kristen (S.Pd.):
    • Lama pendidikan: 4 tahun
    • Jumlah kredit: 157 SKS
    • Persyaratan: Ijazah SMA/sederajat
  3. Ijazah Teologi Madya (ITM):
    • Lama pendidikan: 2 tahun
    • Program ini tidak berijazah negara dan diperuntukan bagi mereka yang tidak memiliki ijazah SMA/sederajat namun memiliki kerinduan untuk melayani sebagai hamba Tuhan.

Ketua & Dewan Pimpinan STT Berea Pontianak:

  • Ketua: Pdt. Dr. Yamin A, S.Th., M.A., M.Min., M.Th., D.Min.
  • Puket I: Pdt. Nianda, S.Th., M.Min., M.Th.
  • Puket II: Ev. Esterani, S.Th., M.A., M.Pd.K.
  • Puket III: Pdt. Hasanudin, S.Th., M.Min., M.Th.

Program Studi Teologi:

  • Ketua: Pdt. Marsudi, S.Th., M.Min., M.Th.
  • Sekretaris: Pdt. Dadan Sukandar, S.Th., M.Th.

Program Studi Pendidikan Agama Kristen:

  • Ketua: Theodorus, S.PAK., M.Min., M.Th.
  • Sekretaris: Resti, M.Pd.K.

Dosen & Karyawan:

Dosen Tetap:

  1. Pdt. Dr. Yamin A., S.Th., M.A., M.Min., M.Th., D.Min. (NIDN: 2301086401)
  2. Pdt. Nianda, S.Th., M.Min., M.Th. (NIDN: 2320067601)
  3. Ev. Esterani, S.Th., M.A., M.Pd.K. (NIDN: 2329066901)
  4. Pdt. Hasanudin, S.Th., M.Min., M.Th. (NIDN: 2314057101)
  5. Pdt. Marsudi, S.Th., M.Min., M.Th. (NIDN: 2307086701)
  6. Theodorus, S.Th., M.Min., M.Th. (NIDN: 2314077701)
  7. Pdt. Dadan Sukandar, S.Th., M.Th.
  8. Resti, M.Pd.K. (NIDN: 2303028901)
  9. Naomi, S.Th., M.Pd.K. (NIDN: 2306067601)
  10. Pdt. Sungkin, S.Th.
  11. Pdt. I Nyoman Budiarsa S., S.Th., M.A., M.Min.
  12. Sapron Manik, S.Th., M.Min.
  13. Junaidi, S.Th., M.Pd.K. (NIDN: 2313038001)
  14. Fenada Ziduhu Dakhi, S.Th., M.Pd.K. (NIDN: 2330017301)
  15. Rustam, S.Th., M.Th. (NIDN: 2310067201)
  16. Hendryson, S.Th., M.Pd.K. (NIDN: 2315048202)

Dosen Tidak Tetap:

  1. Ev. Heni Kristiani, S.Th., M.Pd.K.
  2. Ev. Lamri, S.Th., M.Min.
  3. Ir. Sudarmo Bahari, M.Si.
  4. Martinus Beltra, S.E., M.Si.
  5. Pdt. Syahdin Nyarong, S.Th., M.Pd.K.
  6. Dr. Enggen, S.E., M.Pd.K.
  7. Ps. Jali, M.Th.

Dosen Tamu:

  1. Dr. Yoseph Tan (Direktur Ambassador For Christ)
  2. Dr. Jonathan Exiomo (AGS Filipina)
  3. Dr. Garry Colleman (Australia)
  4. Dr. Ferdinand (AGS Filipina)

Karyawan:

  1. Perpustakaan: Ev. Suprinarsi, S.Th.
  2. Maintenance: Elan, S.Th.
  3. Operator: Giri Krispambudi, S.Th
  4. Tata Usaha: Yuliawati S, S.Th.

Sarana Prasarana: STT Berea Pontianak berada di dalam lahan seluas ± 6 hektar dengan berbagai fasilitas, termasuk gedung kuliah, perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, ruang makan, laboratorium komputer, serta perumahan dosen dan karyawan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengelola lahan perkebunan sebagai penunjang dalam pengadaan kebutuhan sehari-hari.

Bergabunglah dengan STT Berea Pontianak dan menjadi bagian dari sejarah panjang dalam mendidik pelayan-pelayan Tuhan yang berdedikasi tinggi!

Informasi pendaftaran harap datang lansung ke Kampus STT Berea Pontianak

Alamat : Jl. Perintis, Kota Baru, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *