Skip to content

Persiapan peresmian rumah Betang  Mongo Tapis

Sanggauinformasi.com. Tayan Hilir, Aula Paroki Tayan, Sabtu 7 Januari 2023. Ketua DAD Tayan Hilir, Yanto Laung, mengundang Pengurus DAD, Tokoh Masyarakat, Kades, Patih Adat, Temenggung Se Kecematan Tayan Hilir, serta Perwakilan Masyarakat Dusun Batu Besi (Representasi) untuk rapat kerja DAD yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Januari 2023, pukul 09.00 WIB di Aula Paroki Tayan (Gedung Karya Pastoral).

\"\"
Para Hadirin

Agenda rapat kerja tersebut membahas pencarian dan kesepakatan penamaan rumah betang, proses peresmian rumah betang, serta pengembangan lanjutan rumah betang, yang meliputi pemetaan potensi, planning, dan penanggung jawab khusus. Setelah diskusi yang cukup panjang, akhirnya penamaan rumah betang disepakati dengan nama Rumah Betang Mongo Tapis kecamatan Tayan Hilir. Hasil diskusi lebih lengkapnya sebagai berikut:

  1. Menyepakati Nama Rumah Betang Kecamatan Tayan Hilir “MONGO TAPIS”. (diambil dari Nama Tempat Lokasi berdirinya bangunan Rumah Betang) Wilayah Dusun Batu Besi Desa Sejotang Kec.Tayan Hilir. Mongo Tapis mempunyai makna historis, makna filosofis, dan tradisi lokal. Makna historis di mana rumah betang terletak di hamparan Mongo Tapis. Makna filosofis karena Mongo/Bukit sebagai tempat perjumpaan antara manusia dan Jebata. Selain itu Mongo Tapis menjadi tembawang dan sumber mata air masyarakat dan tempat keramat masyarakat adat.
  2. Membentuk Susunan Kepanitian Peresmian Rumah Betang “MONGO TAPIS”
  3. Waktu Pelaksanaan Peresmian Rumah Betang “MONGO TAPIS” di perkirakan akan di adakan Bulan Maret 2023 (Tgl dan Hari Pelaksanaan masih dalam Proses Penentuan Oleh DAD berkoordinasi dengan Panitia Peresmian).
  4. Rapat kerja panitia peresmian 15 Januari 2023 Bertempat di Rumah Betang
    “MONGO TAPIS” Jln Transkalimantan Dusun Batu Besi Desa Sejotang (Simpang Atel).
  5. Susunan Kepanitian Peresmian rumah Betang Segera di SK kan Oleh DAD mengingat pentingnya Kegiatan tersebut, di harapkan semua Elemen masyarakat Dayak Tayan Hilir Khusunya di 15 Desa untuk berpartisipasi mensukseskan Kegiatan Bersejarah ini Supaya menjadi Moment Penting bagi Masyarakat Dayak Tayan hilir.
  6. Membuat Grand Desain Untuk kompleks dan lingkungan sekitar Rumah Betang yang mencakup lahan rumah betang yang akan dijadikan sebagai wisata budaya, lahan pemukiman masyarakat adat Batu Besi sebagai kampung budaya, dan Hutan Adat sebagai ekowisata dalam satu kesatuan destinasi budaya Kecamatan Tayan Hilir.
  7. Mempersipakan Segala Sesuatu yang dibutuhkan untuk Kegiatan Ritual (Adat dan Peradat) di Rumah Betang “MONGO TAPIS” karena hal tersebut di anggap sangat Penting. (Koordinasi Oleh Seksi Ritual) untuk mengkoordinasikan ke Semua Unsur/Tokoh (Pomang) di setiap Desa dan Ritual apa dan dari mana yang akan dipakai untuk Kegiatan Peresmian Betang nanti.
  8. Mengajak Kita Semua Khususnya Tokoh Masyarakat Sekecamatan Tayan Hilir
    Untuk Membawa Bibit Tanaman Khas Masyarakat Dayak (Tanaman Pohon yang Langka Seperti Bibit Pohon Ulin/belian dan Tanaman Sejenisnya/Tanaman Buah) untuk ditanam di Sekitaran Lingkungan Rumah Betang “MONGO TAPIS” pada Saat
    Kegiatan Peresmian Rumah Betang nanti.(WAJIB..!!).
  9. Mengajak Seluruh Perwakilan Desa Di Masing masing Desa Sekecamatan Tayan Hilir untuk membuat Stand guna mempromosikan produk produk Lokal maupun tradisional serta produk produk modern hasil Kerajinan tangan Khas sehingga bisa Menunjang Pendapatan di bidang Ekonomi dan Budaya.
\"\"
Pemimpin rapat kerja DAD Tayan Hilir

Demikian pokok-pokok hasil rapat kerja DAD Tayan Hilir pada hari Sabtu 7 Januari 2023. Sebagai informasi tambahan kepada masyarakat Sanggau kilas balik berdirinya Rumah Betang Mongo Tapis adalah berawal dari kerinduan masyarakat adat kecamatan Tayan Hilir. 

Ada seorang putra daerah bernama Acam,SE yang pada tahun 2007 dipercayakan masyarakat adat untuk menjabat ketua DAD kecamatan Tayan Hilir hingga dua periode (sekarang menjabat Ketua DPC HANURA dan sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten Sanggau). Beliau menjadi motor penggerak dan tokoh dibalik terwujudnya Rumah Betang Mongo Tapis kecamatan Tayan Hilir yang saat ini telah disiapkan untuk acara peresmian.

\"\"
Para hadirin

Akhirnya, Ketua DAD Tayan Hilir, Yanto Laung, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran undangan Pengurus DAD, Tokoh Masyarakat, Kades, Patih Adat, Temenggung Se Kecematan Tayan Hilir, serta Perwakilan Masyarakat Dusun Batu Besi (Representasi) yang telah hadir pada rapat tersebut. Dengan adanya partisipasi aktif dari para undangan, maka hasil raker DAD dapat segera disepakati dengan baik.

\"\"
Kepala desa Beginjan Sutardi dan Acam, SE Dewan Pertimbangan DAD Tayan Hilir

Pendapat dan gagasan yang diberikan oleh para undangan sangat bermanfaat dalam mencari solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi. Kontribusi yang diberikan oleh para undangan merupakan bagian penting dari proses pengambilan keputusan yang demokratis dan adil.

Sebagai ketua DAD, Yanto Laung sangat menghargai semua usaha yang telah dilakukan oleh para undangan dalam memajukan kecamatan Tayan Hilir. Oleh karena itu, ia ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran undangan yang telah hadir dalam rapat tersebut. Semoga dengan adanya kontribusi dari para undangan, Tayan Hilir dapat terus maju dan berkembang dengan baik.

\"\"
Setelah rapat kerja DAD, Yanto Laung ketua DAD Tayan Hilir melanjutkan rapat dengan Polsek Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »