Skip to content

Tips sebelum membeli smartphone

Memilih smartphone yang tidak lelet atau lag merupakan hal yang penting bagi kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang sering menggunakan smartphone untuk bermain game atau menjalankan aplikasi berat. Ada beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan saat memilih smartphone agar tidak lelet, di antaranya adalah RAM, ROM, dan prosesor.

Pertama, RAM (Random Access Memory) merupakan bagian dari memori smartphone yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang dapat disimpan dan dapat diakses dengan cepat. Untuk menghindari smartphone yang lelet, disarankan untuk memilih smartphone dengan RAM minimal 6 GB. Dengan demikian, smartphone Anda dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Kedua, ROM (Read-Only Memory) merupakan bagian dari memori smartphone yang digunakan untuk menyimpan data yang tidak dapat diubah. ROM juga dapat digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi. Untuk menghindari smartphone yang cepat penuh atau kehabisan ruang, disarankan untuk memilih smartphone dengan ROM minimal 128 GB. Dengan demikian, Anda akan memiliki cukup ruang untuk menyimpan foto, video, dan aplikasi tanpa perlu khawatir kehabisan ruang.

Ketiga, prosesor merupakan bagian penting dari smartphone yang bertugas mengolah data dan menjalankan aplikasi. Prosesor yang kuat dapat meningkatkan kecepatan smartphone dan menghindari lelet. Prosesor yang dapat dipertimbangkan adalah Mediatek Dimensity (Minimal Dimensity 700, makin tinggi serinya makin canggih) yang sudah support jaringan 5G dan Snapdragon yang sudah support 5G. Prosesor ini sama-sama terkenal dengan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi berat dengan lancar (Jika tidak ada label brand prosesor itu jangan coba coba).

Jadi, jangan terpengaruh hanya karena merek smartphone saat memilih smartphone. Pastikan untuk memperhatikan spesifikasi RAM, ROM, dan prosesor agar smartphone yang Anda pilih tidak lelet dan dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »